Kamis, 12 Januari 2012

Butik Online Solusi Mudah Berwirausaha

Butik online solusi mudah berwirausaha Beragam alasan berwirausaha butik online ditengah kondisi menjamurnya wirausaha di tengah masyarakat saat ini.
Salah satu alasan yang paling umum adalah untuk menambah penghasilan tentunya. Tentu kita tidak mengkesampingkan urusan modal untuk membuka usaha, namun selaku pemilik Kharismawanita dot maka maka saya mensyarankan memulai usaha butik online.

Kenapa harus dilakukan secara online? Seperti yang kita ketahui, kebanyakan masyarakat kita beranggapan bahwa kalo ingin membuka usaha maka hampir selalu identik dengan memilih lokasi yang strategis agar barang atau produk yang dijual laku. Sementara untuk mendapatkan tempat yang strategis tentunya diperlukan modal yang bisa menguras tabungan kita. Belum lagi modal yang perlu disiapkan bilamana kita ingin menyetok barang dalam jumlah yang besar. 

Dengan membuka butik online, modal yang Anda perlukan cuma sebuah PC atau laptop di rumah ditambah jaringan internet. Website bilamana dirasa memberatkan maka anda bisa menggunakan yang gratisan seperti wordpress atau blogspot.

Cara kerjanya adalah sangat mudah. Pada dasarnya anda hanya perlu membuka sebuah situs di internet, kemudian meng-unggah gambar-gambar dari produk Anda di situs tersebut, promosikan situs Anda, undang sebanyak mungkin orang untuk masuk ke situs yang anda buat untuk melihat gambar-gambar produk Anda. Bilamana pengunjung tertarik dengan produk yang sedang anda pasarkan maka terjadilah penjualan itu. Kegiatan inilah yang disebut dengan butik online, yakni butik atau toko yang memasarkan produk secara online di internet.

Apa aja yang perlu mendapat perhatian dalam menjalankan usaha butik online ini?
  • Update produk anda terhadap mode yang sedang berkembang. Caranya mudah diantaranya dengan berlangganan media cetak atau elektronik, mengikuti forum, majalah wanita dsb. 
  • Sebagaimana butik offline, barang yang laku biasanya tergantung pada trend mode. Maka bermain aman ajalah dengan mengikuti mode yang sedang trend. Namun bila anda ingin mengikuti petuah dari bob sadino maka ada tiga hal: jadilah yang terbaik, jadilah yang pertama, atau jadilah yang nyleneh atau unik. 
  • Bisnis apapun sangat terpengaruh oleh pengalaman anda. Maka usahakan terjadi komunikasi anda dan customer untuk berbagi pengalaman sesuai dengan butik anda. Dan rancanglah situs anda dengan nama yang semenarik mungkin yang bisa di branding dan mudah diingat.
Setelah halaman website atau blog anda tersedia lengkap dengan foto atau gambar produk yang dipasarkan, maka tugas anda untuk memasarkannya. Ada beberapa cara agar website anda dikunjungi oleh pengunjung:
  • SEO atau search engine optimization. Maksudnya bila seseorang mengetikkan suatu kata di mesin pencari semisal google maka pencari tersebut menemukan website anda terindex diurutan atas.
  • Mengikuti forum forum sejenis dan kemudian meninggalkan alamat website anda di signature.
  • Memasarkan melalui email.
  • Dll
Seperti anda ketahui bahwa pengguna internet adalah 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Tersebar mulai dari sabang sampai merauke dan bahkan diseluruh penjuru dunia. Oleh karenanya bisa kita bayangkan seberapa besar pangsa pasar butik online dibandingkan pangsa pasar butik offline. 

Boleh dikatakan bahwa usaha butik yang dikelola secara online ini mempunyai peluang yang sangat bagus dimasa depannya seiring dengan meningkatnya pemakai internet. 
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar