Selasa, 03 Januari 2012

4 Alasan Mengapa Wanita Harus Mempunyai Usaha Sampingan

Bila kita melihat wanita-wanita dengan nama seperti Moeryati Soedibyo dan Asuncion Hostin. Apakah kesamaan diantara mereka berdua selain mereka sama-sama wanita? Yah… mereka adalah pengusaha yang sukses dan terkenal. Satu sebagai pengusaha kosmetik di Indonesia dan yang satunya CEO perusahaan survey di Amerika.

Lihat empat alasan mengapa wanita harus mempunyai bisnis sampingan, seperti yang diutarakan oleh GM Yummy Food Utama, Muassis Andang yang dikutip oleh Geraimaya dari Tabloid Nova.

1. Memperkecil Resiko

Di jaman sekarang ini, dimana harga segala barang kebutuhan rumah tangga naik dan mahal, tidaklah cukup jika hanya suami saja yang bekerja dan mencari nafkah untuk menghidupi keluarga, terkecuali jika penghasilan bersih suami anda per bulan diatas 50 juta rupiah. Tidak ada salahnya jika istri sebagai asisten nahkoda dari kapal yang bernama rumah tangga ikut mencari nafkah tambahan untuk meringankan beban suami sehingga beban suami untuk mencari penghasilan tambahan diluar jam kantor sedikit berkurang dan resiko suami untuk ditegur kantor karena “ketahuan bisnis diluar” dan mengganggu kinerja di kantor.

2. Multi tasking

Multi Tasking, mungkin anda sering mendengar kata-kata tersebut ketika anda akan membeli seperangkat komputer atau sebuah laptop. Mungkin apabila diibaratkan, seorang wanita itu sama seperti komputer yang mampu untuk mengerjakan beberapa pekerjaan disaat yang bersamaan, namun tentunya wanita akan lebih unggul karena wanita adalah buatan Tuhan. Hal inilah yang tidak dimiliki oleh seorang pria, contohlah seorang ibu rumah tangga yang setiap hari mengurus rumah, mengurus anak, mengurus suami, belum lagi bertanggung jawab untuk pendidikan anak dan keuangan rumah tangga.

3. Pengambil Keputusan

Tanpa kita sadari, para ibu rumah tanggalah yang mengambil keputusan disetiap suatu keputusan diperlukan, contohnya ketika membeli perabot rumah tangga, membeli baju untuk anak dan suami, memilih warna cat rumah, memilih mobil, dan masih banyak hal lainnya yang keputusan akhirnya ada di tangan seorang ibu rumah tangga.

Bisa dikatakan bahwa wanita adalah konsumen terbesar dari hampir semua produk yang ada di pasaran, jelas Muassis. Bila kita menggunakan teknik Reverse Enginering, yaitu membalikkan bahwa wanita sebagai seorang produsen suatu produk maka ia akan lebih memahami keinginan pasar dan hal tersebut jelas menguntungkan dari segi pemasaran.

4. Era Informasi

Pernahkah kita perhatikan disekitar rumah kita, setiap sore ada ibu-ibu rumah tangga yang sedang berkumpul, entah itu sedang menyuapi anaknya, mengobrol, ataupun hanya ikut-ikutan saja. Itulah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh wanita, kemampuan membentuk komunikasi dan networking. Coba kita perhatikan, dengan sedikit senyum dan sapaan seorang wanita dapat membuka percakapan dengan pedagang yang baru pertama kali dikenalnya.

Apalagi di era teknologi informasi seperti sekarang ini, dimana menurut sebuah penelitian di Amerika pada tahun 2000 menunjukkan bahwa enam dari sepuluh pengguna website adalah wanita. Sehingga dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, maka sangatlah tepat bila seorang wanita lebih cocok berbisnis.

***
** sumber gambar: http://www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar